0
Melonjaknya Harga Cabai Di Pasaran



POKER CIMB - Saat harga cabai merah bertahan mahal pada beberapa waktu lalu, para pedagang maupun pengepul terus berupaya agar pasokan cabai merah tetap terpenuhi.

Para pedagang pun banyak membeli cabai merah dari Sumatera Barat dan Aceh. Sehingga, pasokan cabai merah banjir di Sumut.

Pedagang Pasar Glugur Medan, Sarani, mengaku, untuk memenuhi pasokan cabai merah didaerah glugur dan sekitarnya, maka cabai merah dibeli dari daerah Sumbar dan Aceh.


"Waktu itu ada pengepul datang ke pasar ini menawarkan cabai merah dengan harga Rp. 10 ribu per kilonya dan cabai merah ini berasal dari Aceh, karena poker cimb murah kami pedagang disini membeli hingga ratusan kilogram," ujarnya.

Dikatakannya, dengan banyaknya pasokan cabai merah saat ini, berdampak pada harga cabai merah. Sejauh ini harga cabai merah dijual mulai dari Rp. 16 hingga Rp. 18 ribu per kilo.

Selain dipasar Glugur, ternyata di pasar Sei Sikambing Medan juga membeli cabai merah dengan pengepul dari Sumbar dan Aceh. Sehingga harga cabai merah semakin anjlok dibeberapa pasar di Kota Medan.

"Namun, poker cimb ada yang berbeda dari jenis cabai merah ini, kalau asli dari Sumut, seperti hasil petani dari Tanah Karo, rasa cabainya jauh beberbeda, dimasak tidak hitam warnanya, dan rasanya juga lebih pedas," kata pedagang Pasar Sei Sikambing, S. Silalahi.


Dikatakannya, rasa cabai merah dari Sumbar maupun Aceh kurang nikmat dari rasa cabai merah yang ada di Tanah Karo. Kondisi teksturnya pun berbeda.

"Kalau dari Tanah Karo, rasa cabainya lebih pedas, dan sedikit berlemak, poker cimb juga cabainya tidak terlalu panjang, berbeda dari cabai merah Sumbar atau Aceh, cabainya panjang-panjang, dan rasanya kurang pedas," ungkapnya.

Namun, bagi masyrakat Kota Medan yang akan membeli cabai merah, para pedagang tidak mengatakan dari mana hasil cabai merah didapatkan.

Sebab, selagi harga cabai merah murah, masyarakat akan senang.

"Terkadang, saya mau mengatakan kalau cabai yang saya jual bukan cabai dari Tanah Karo, kalau pembeli sudah lama menjadi langganan saya. Kalau langganan saya membeli cabai merah hasil dari Tanah Karo, maka harganya juga akan sedikit lebih mahal," pungkasnya.


Posting Komentar

 
Top