0
Pilkada Pada Putaran Kedua Dijamin Akan Berlangsung Aman 


POKER CIMB - Presiden Joko Widodo menjamin pe­lak­sanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pil­kada) putaran kedua DKI Jakarta, Rabu (19/4) akan berlangsung aman.

“Saya mengajak seluruh warga semua warga yang mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilih tanpa ragu karena saya tadi sudah memerintahkan kepada seluruh aparat negara dan TNI dan Polri untuk menjamin kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada Jakarta,” katanya di Istana Merdeka Jakarta, Senin (17/4).

Presiden menyampaikan hal itu usai berbicara dengan poker cimb Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Pol) Budi Gunawan.

“Dan semua warga harus dapat melak­sanakan haknya tanpa gangguan, tanpa intimidasi dari pihak manapun,” tambah­nya.

Presiden juga yakin bahwa Pilkada Jakarta poker cimb dapat menghasilkan pemimpin terbaik bagi DKI Jakarta. “Saya yakin, insya Allah, proses demokrasi di DKI akan berjalan lancar, bersih, tertib, dan mengha­silkan pemimpin yang betul-betul pilihan rakyat dan pilihan warga DKI Jakarta dan terbaik untuk warga Jakarta,” tegasnya.

Presiden Jokowi juga akan melaksanakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 4 Gambir seperti pada pilkada putaran pertama. “Iya, nanti hari Rabu di TPS yang sama,” ujarnya.


Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochamad Iriawan poker cimb, sudah mengeluar­kan Maklumat Bersama tentang larangan mobilisasi massa pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

Dalam maklumat itu disebutkan, setiap orang dilarang melaksanakan mobilisasi massa yang dapat mengintimidasi secara fisik dan psikologis dalam bentuk kegiatan apapun yaitu yang akan datang ke TPS di Jakarta bukan untuk menggunakan hak pilih­nya, karena dapat membuat situasi Kamtibmas di Jakarta kurang kondusif dan masyarakat dapat merasa terintimidasi baik secara fisik maupun psikologis, sedangkan sudah ada penyelenggara Pilkada yaitu KPU DKI Jakarta dan pengawas pilkada yang berwenang, yaitu Bawaslu dan jajarannya.

Bila ada sekelompok orang dari luar Jakarta poker cimb yang akan melak­sanakan kegiatan tersebut, Polri, TNI, dan instansi terkait akan melak­sanakan pencegahan dan peme­riksaan di jalan dan akan diminta untuk kembali. Bila sudah berada di Jakarta, akan dikembalikan ke daerahnya masing-ma­sing.

Kemudian, bila sekelompok orang ter­sebut tetap memaksa datang ke Jakarta dan melanggar aturan hukum, akan dipro­ses dan dikenakan sanksi sesuai pro­sedur hu­kum.

Maklumat itu juga ditandatangani Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno, dan Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mimah Susanti pada 17 April 2017.




Posting Komentar

 
Top