0
Korban Bus Suriah Capai 112 Orang



POKER CIMB - Jumlah korban tewas akibat ledakan bom di iringiringan bus penuh pengungsi di luar Aleppo mencapai sedikitnya 112 orang, demikian menurut kelompok Pemantau untuk Hak Asasi Manusia Suriah, Minggu (16/4).

Tim penyelamat Suriah dari Pertahanan Sipil mengatakan membawa setidaknya lebih 100 jenazah dari tempat ledakan itu pada Sabtu, yang menghantam bus pembawa pengungsi saat mereka menunggu menyeberang dari wilayah pemberontak ke wilayah pemerintah dalam kesepakatan pengungsian antara kedua pihak yang berperang.

Kelompok yang bermarkas di Inggris tersebut mengatakan jumlah itu diperkirakan meningkat. Korban tewas sebagian besar adalah penduduk desa al-Foua dan Kefraya di provinsi Idlib, tapi termasuk juga petempur pemberontak, yang menjaga iring-iringan itu, kata Observatorium.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, yang kata media pro-Damaskus dilakukan pembom mobil bunuh diri.

Iring-iringan itu membawa setidaknya 5.000 pengungsi, termasuk warga dan beberapa ratus petempur pendukung pemerintah, yang diberikan jaminan keamanan untuk melakukan perjalanan dari dua desa terkepung pemberontak tersebut.

Berdasarkan atas kesepakatan pengungsian, lebih dari 2.000 orang termasuk petempur pemberontak diberikan perjalanan yang aman dari Madaya, sebuah kota di dekat Damaskus yang dikepung oleh pasukan pemerintah dan sekutu mereka.


Iring-iringan itu menunggu di garasi bus di daerah kekuasaan pemerintah di pinggiran Aleppo, beberapa mil dari tempat serangan itu terjadi. Para pengungsi Madaya mengatakan mereka mendengar ledakan itu.

Sementara itu, pada akhir Maret, menurut kantor berita resmi Suriah SANA, militer Suriah dilaporkan merebut Kota Kecil Deir Hafer, kubu utama ISIS di pinggir timur Provinsi Aleppo di Suriah Utara.

Deir Hafer direbut sepekan setelah militer Suriah mengepung kota kecil tersebut sebagai bagian dari operasi besar militer terhadap posisi ISIS di pinggir timur Aleppo.

SANA menyatakan militer Suriah mereka 27 kota kecil dan desa di seluruh Deir Hafer dan mengamankan 24 kilometer jalan raya yang menghubungkan Aleppo dengan Provinsi Raqqa, Ibu Kota de Fakto ISIS. Militer Suriah saat ini bergerak untuk merebut Kota Kecil Maskaneh, kota kecil terakhir yang dikuasai ISIS di pinggir timur Aleppo, demikian laporan kantor berita Tiongkok, poker cimb, Kamis pagi.

Direbutnya Deir Hafer dan gerakan ke arah Maskaneh akan membuat militer Suriah berada di jalan menuju Raqqa, tempat pasukan AS dan petempur sekutu pimpinan suku Kurdi -- Pasukan Demokratis Suriah (SDF)-- berperang melawan petempur ISIS di pinggir provinsi tersebut.

Sementara itu, beredar laporan bahwa serangan militer besar oleh AS dan SDF terhadap Kota Raqqa akan dilancarkan pada awal Mei.


Posting Komentar

 
Top